Tanda-Tanda Bayi Akan Tumbuh Gigi

http://4.bp.blogspot.com/-TDSGihH2ehs/UvOyNJRqMoI/AAAAAAAAAAc/tVKH64_s2TM/s1600/2.gif
Bookmark and Share
Sangat menyenangkan bila melihat bayi Anda mulai mendapatkan gigi pertamanya. Namun ada beberapa tanda yang mungkin kurang nyaman dirasakan bayi Anda. Karena itu, kenalilah tanda-tanda dari seorang bayi yang mulai tumbuh giginya dibawah ini agar Anda dapat memahami apa yang dibutuhkan bayi.

1. Sering menolak bila diberi makan
Bayi yang rewel biasanya mudah ditenangkan dengan botol susu atau puting payudara ibu. Tetapi menghisap susu dari payudara ibu ataupun botol susu dapat membuat gusi bayi terasa sakit. Oleh karena itu bayi mungkin akan menolak minum susu atau ketika diberi makanan padat.

2. Demam ringan
Seperti peradangan pada anggota tubuh lain, gusi yang meradang kadang-kadang dapat menghasilkan demam ringan. Demam ini biasanya akan reda dengan sendirinya, jika demam berlangsung hingga 3 hari, segera hubungi dokter

3. Sering mengeluarkan liur
Tumbuhnya gigi dapat merangsang air liur dan saluran air pada mulut bayi. Hal ini biasanya akan terjadi pada saat bayi berusia mulai dari sepuluh minggu hingga 3 atau 4 bulan.

4. Batuk
Air liur yang terlalu banyak dan memenuhi mulut dapat membuat bayi tersedak, muntah, dan batuk.

5. Pendarahan di bawah gusi
Tumbuh gigi dapat memicu pendarahan di bawah gusi, yang terlihat seperti benjolan kebiruan. Anda tidak perlu khawatir dengan hal ini karena gusi akan membaik beberapa saat setelah dikompres dengan air dingin.

6. Merasa sakit
Peradangan jaringan lunak pada gusi dapat menyebabkan rasa sakit. Gigi yang pertama kali tumbuh biasanya akan lebih menyakitkan dari gigi yang lain, meskipun sebagian besar bayi akhirnya terbiasa dengan tumbuhnya gigi di kemudian hari.

7. Gampang marah
Mulut bayi yang terasa sakit dapat membuatnya merasa kurang sehat. Beberapa bayi mungkin lekas marah atau rewel hanya dalam beberapa jam saja, tetapi bayi yang lain mungkin akan tetap rewel selama berhari-hari atau bahkan minggu.

8. Sulit tidur di malam hari
Bayi akan merasa tidak nyaman dan terganggu tidurnya karena rasa nyeri yang dia rasakan pada gusinya. Ketika bayi kesulitan untuk terlelap di malam hari, jangan mengatasinya dengan menyusui karena akan membuat gusi bayi semakin sakit dan mengganggu tidurnya.

9. Timbul ruam di wajah dan dagu
Ketika bayi tumbuh gigi, dirinya juga akan mengembangkan ruam kering pada kulit atau pecah-pecah di sekitar mulut, dagu atau bahkan di leher karena kontak dengan air liur. Untuk mencegahnya, sapulah air liur bayi yang menetes dengan menggunakan sapu tangan yang lembut. Namun bila, ruam sudah terbentuk, oleskan krim atau lotion bayi yang lembut dan aman bagi bayi.

10. Jadi suka menggigit
Tekanan dari gigi yang akan keluar melalui bawah gusi menyebabkan bayi merasa tidak nyaman dan membuat bayi selalu ingin menggigit.




{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar