Merawat Vagina Setelah Melahirkan

http://4.bp.blogspot.com/-TDSGihH2ehs/UvOyNJRqMoI/AAAAAAAAAAc/tVKH64_s2TM/s1600/2.gif
Bookmark and Share
Bagi wanita yang baru melahirkan, perlu untuk merawat vaginya dengan cara yang tepat agar vagina cepat sembuh. Berikut beberapa langkahnya yang semoga berguna bagi Anda.

1. Obat pelunak tinja
Urusan buang air besar bagi wanita yang baru melahirkan akan terasa menyakitkan, sehingga Anda memerlukan obat pelunak tinja. Hal ini dapat mengurangi rasa sakit ketika buang air besar.

2. Kompres vagina dengan kain yang diisi es batu
Es dapat mencegah pembengkakan dalam 24 jam pertama setelah persalinan. Bungkuslah es batu dengan kain yang halus dan lembut dan sekalah vagina secara perlahan. Tetapi jika labia telah mengalami pembengkakan, mengompres vagina tidak akan membantu. Bengkak pada labia disebabkan oleh kelebihan cairan yang akan mengempis dengan sendirinya setelah beberapa hari.

3. Obat herbal
Obat herbal dapat menjadi alternatif untuk mengatasi rasa sakit pada vagina, gatal pada bekas jahitan, dan wasir. Anda juga dapat menyemprotkan dermoplast pada vagina yang mungkin akan menimbulkan efek mati rasa beberapa waktu yang membuat Anda lebih nyaman.

4. Berlatih kegel
Latihan kegel setelah melahirkan sangat berguna untuk memperkuat dasar panggul, mengontrol waktu buang air kecil, dan fungsi sfingter anal lainnya.

5. Pelumas
Hormon estrogen akan berada dalam tingkat yang sangat rendah setelah melahirkan dan saat Anda sedang menyusui. Hal ini akan menyebabkan penipisan mukosa (membran) vagina yang dapat membuat vagina kering. Sehingga wanita memerlukan pelumas untuk berhubungan seks setelah melahirkan agar seks tidak menyakitkan dan menyebabkan luka.


{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar