Manfaat Kemangi untuk Penguat Aroma Pepes Ikan

http://4.bp.blogspot.com/-TDSGihH2ehs/UvOyNJRqMoI/AAAAAAAAAAc/tVKH64_s2TM/s1600/2.gif
Bookmark and Share
Manfaat Kemangi untuk Penguat Aroma Pepes Ikan - PEPES merupakan makanan khas Sunda. Dalam membuat pepes, Anda butuh banyak daun kemangi sebagai kunci kelezatan pepes. “Daun kemangi itu kuncinya dalam membuat pepes. meskipun di dalamnya sudah ada daun salam dan daun jeruk, itu sebatas untuk menguatkan rasa,” kata Chef Poeloeng selaku chef Hotel Intercontinental kepada okezone di Jalan Sudirman, Jakarta, belum lama ini.

Daun kemangi menjadikan aroma pepes lebih tajam dan segar. Daun kemangi juga berfungsi pelekat semua bumbu-bumbu yang digunakan dalam pepes.

pepes ikan
Pepes ikan (Foto: relaischateaux)
Selain daun kemangi sebagai penguat rasa, daun pisang juga sangat dibutuhkan dalam membuat pepes. Daun pisang menjadikan proses pembakaran ikan lebih alami, selain untuk membungkus ikan dan bumbu-bumbu.

“Kenapa menggunakan daun pisang karena makanan Sunda itu lebih ke alam, penggunaannya berpengaruh pada aroma pembakaran, menimbulkan rasa yang khas. Kalau di-steam saja, rasa pepes kurang sedap. Tapi dengan dibakar, rasa pepes kuat,” imbuhnya.

Bahan-bahan yang digunakan tidak banyak. Mengolah pepes dari bahan mentah hingga menjadi makanan enak juga tidak membutuhkan waktu lama, hanya sekira 20 menit.

“Gunakan bumbu putih; kencur, daun salam, daun kemangi, ketumbar, bawang putih, bawang merah, garam, lada, dan daun jeruk untuk membuang bau amis ikan,” tutupnya.

Anda sekarang sudah mengetahui Manfaat Kemangi untuk Penguat Aroma Pepes Ikan.

Penulis : Johan Sompotan
Sumber : Okefood (KAMIS, 15 SEPTEMBER 2011 13:27  WIB)

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar