Segudang Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan

http://4.bp.blogspot.com/-TDSGihH2ehs/UvOyNJRqMoI/AAAAAAAAAAc/tVKH64_s2TM/s1600/2.gif
Bookmark and Share
Segudang Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan. Brokoli, sayuran hijau segar keriting ini memiliki rasa renyah dan disukai oleh anak-anak karena rasa dan bentuknya. Brokoli memiliki nama latin Brassica oleracea L dan merupakan tanaman yang tergolong dalam suku kubis-kubisan.

Beberapa fakta dari manfaat brokoli tak pernah diragukan lagi. Sebagai salah satu sayuran yang lekat dengan identitas sebagai sayuran super cocok untuk diet, brokoli memang mengandung banyak vitamin dan serat, salah satu yang paling banyak adalah vitamin C. Mau tau manfaat lain dari brokoli?? berikut pemaparannya :


Sayuran Tinggi Kalsium


Kalsium dalam 1 mangkuk brokoli sama dengan 1 gelas susu, karena itu brokoli dapat memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis. Selain itu kalium dalam brokoli mampu menjaga sistem saraf agar tetap sehat dan berfungsi secara optimal. 

Sebagai Detoksifikasi
Kandungan dalam brokoli turut berperan serta dalam pembebasan radikal bebas dan racun dalam tubuh. Hal ini juga mampu melindungi tubuh dari racun yang berbahaya dalam tubuh.  

Mencegah Kanker
Didalam brokoli memiliki kandungan zat anti kanker antara lain glucoraphanin, beta-karoten, diindolylmethane, selenium serta vitamin A, C dan E. Zat dan vitamin tersebut mampu menghambat pertumbuhan sel kanker dalam ginjal, hati, payudara, kelenjar prostat, rahim, usus dan paru-paru.  

Penjaga dan Peningkat Imunitas
Kandungan vitamin C, selenium, beta-karoten, seng, tembaga dan fosfor dalam brokoli mampu meningkatkan sistem imun atau kekebalan dalam tubuh.

Menjaga Kesehatan Jantung
Brokoli mengandung serat dan asam lemak Omega-3, beta karoten serta beberapa kandungan vitamin yang mampu menurunkan kadar kolestrol sehingga dapat memaksimalkan fungsi kerja jantung. Kandungan lutein karotenoid didalamnya mampu mencegah dan memperlambat penebalan dinding arteri sehingga mampu mencegah penyakit jantung dan stroke. 

Menjaga Kesehatan Mata
Selain menjaga kesehatan jantung, lutein karotenoid dalam brokoli mampu mencegah katarak dan degenerasi makula atau hilangnya penglihatan ditengah lapangan visual karena kerusakan retina. Sebagai sumber vitamin A brokoli juga berfungsi dalam pembentukan retina.

Disamping manfaat brokoli diatas, manfaat brokoli yang paling banyak dan umum dimanfaatkan oleh orang adalah sebagai makanan penurun berat badan. Brokoli merupakan sayuran rendah kalori. Dalam 146 gram brokoli mengandung kurang dari 50 kalori, sehingga brokoli sangat cocok digunakan sebagai makanan penurun berat badan.

Semoga bermanfaat informasi Segudang Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar