Kenali Lebih Jauh si Osteoporosis

http://4.bp.blogspot.com/-TDSGihH2ehs/UvOyNJRqMoI/AAAAAAAAAAc/tVKH64_s2TM/s1600/2.gif
Bookmark and Share
Penyakit osteoporosis merupakan kelainan metabolik pada tulang yaitu berkurangnya kepadatan tulang. Osteoporosis lebih dikenal dengan pengeroposan tulang. Penyebab osteoporosis ada dua yaitu faktor genetik atau keturunan dan faktor gaya hidup. 

Faktor genetik biasanya dipengaruhi oleh riwayat penyakit osteoporosis yang diderita salah satu anggota keluarga dan jenis kelamin. Berdasarkan beberapa survey, kaum wanita lebih mudah terserang osteoporosis dibandingkan dengan kaum pria.

Sementara itu, faktor gaya hidup bisa diperoleh dari pola makan yang buruk, tidak pernah berolahraga, perokok, minum minuman beralkohol dan bersoda, kurang kalsium dan kurang mendapatkan sinar matahari dan vitamin D. Faktor genetik biasanya sukar dicegah namun osteoporosis yang disebabkan oleh faktor gaya hidup lebih mudah diatasi. 

Beberapa bagian tulang yang kerap diserang osteoporosis adalah tulang punggung, tulang jari tangan dan tulang pangkal paha. Bisakah osteoporosis dicegah? bisa. Pastikan kebutuhan kalsium Anda tercukupi. Misalnya dengan mengkonsumsi makanan yang berkalsium tinggi yaitu susu dan beberapa produk turunannya seperti keju.

Mengubah gaya hidup yang tidak sehat bisa mencegah terjadinya osteoporosis. Misalnya olahraga teratur, berhenti merokok, minum minuman beralkohol dan bersoda, makan makanan yang bernutrisi tinggi dan mengkonsumsi vitamin, khususnya vitamin D.


{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar