Mual Saat Hamil Muda

http://4.bp.blogspot.com/-TDSGihH2ehs/UvOyNJRqMoI/AAAAAAAAAAc/tVKH64_s2TM/s1600/2.gif
Bookmark and Share
Mual Saat Hamil Muda 

     Mual Saat Hamil Muda merupakan kondisi yang biasa ditemui di beberapa ibu hamil. Mual atau morning sickness merupakan perasaan mual dan muntah yang terjadi pada masa tiga bulan awal kehamilan. Bahkan ada juga yang mengalami kembali morning sickness di masa tiga bulan akhir kehamilan.

   Perasaan mual setiap ibu hamil berbeda-beda. Ada yang merasakan mual biasa saja, ada juga yang berlebihan sampai tidak bisa mengonsumsi makanan atau minuman apapun. Jika Anda mengalami rasa mual berlebihan sampai tidak bisa menerima berbagai asupan, sebaiknya mendapatkan pengobatan.
Merasa terganggu dengan morning sickness?

     Berikut cara-cara mengatasinya :
  • Sering makan dengan porsi sedikit. Makanlah kapanpun Anda menginginkannya, namun dalam jumlah yang sedikit. Makan dalam porsi banyak dapat memperburuk rasa mual Anda.
  • Mengonsumsi karbohidrat tinggi dan protein. Atasi rasa mual dengan mengonsumsi makanan mengandung karbohidrat dan protein tinggi. Misalnya, roti, kentang, buah, biskuit dan sayuran.
  • Hindari makanan berlemak, berminyak dan pedas. Ketiga jenis makanan ini tidak hanya memperparah rasa mual Anda tetapi juga mengakibatkan kegemukan dan sakit perut. Ingatlah ibu hamil tidak boleh sembarangan mengonsumsi obat-obatan sehingga jika mengonsumsi sembarangan makanan dan menyebabkan sakit perut tentunya akan sulit untuk mengobatinya.
  • Minum yang cukup. Minumlah air secukupnya mengingat ketika muntah tubuh mengeluarkan cairan sehingga harus tergantikan. Jika tidak bisa mengonsumsi air putih, Anda dapat menggantinya dengan jus buah dan hindari minuman mengandung karbonat serta kafein.
  • Pengobatan tradisional. Pengobatan tradisional seperti jahe, baik itu dalam bentuk minuman ataupun permen mampu mengurangi rasa mual/ Sebuah penelitian bahkan mengungkapkan ramuan jahe ini dapat digunakan sebagai obat mengatasi mual yang aman bagi ibu serta janinnya.
  • Pilihlah vitamin yang benar. Jika vitamin yang Anda konsumsi memperparah rasa mual, segera berkonsultasi ke dokter dan mintalah vitamin yang cocok. Bila diperlukan, dokter akan memberikan Anda obat mual.
  • Jangan terburu-buru bangun. Jangan terburu-buru ketika bangun tidur. Sebaiknya duduklah terlebih dahulu dan sediakan camilan di dekat tempat tidur untuk berjaga-jaga jika Anda merasakan mual ketika bangun tidur.
  • Mengkonsumsi vitamin B6. Vitamin B6 efektif dalam mengurangi rasa mual pada ibu hamil. Namun pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya.
  • Istirahat cukup dan hindari stres. Beristirahat cukup serta tetap rileks merupakan salah satu cara untuk mengatasi mual. Jika Anda stres hanya akan memperburuk rasa mual. Cobalah untuk meluangkan waktu untuk beristirahat, baik itu dengan membaca buku, mendengarkan musik atau lainnya.
     Mual saat hamil muda merupakan salah satu fase yang harus Anda hadapi selama kehamilan. Kehamilan merupakan anugerah dari Tuhan, oleh karena itu nikmatilah setiap momennya.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar